ANALISIS KINERJA SEL SURYA UNTUK PEMOMPAAN

Posted: April 10, 2011 in Uncategorized

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kebutuhan energi dunia akhir-akhir ini sangat meningkat tajam, terutama dengan munculnya negara-negara industri raksasa. Peningkatan ini akan sangat terasa pada dekade-dekade awal abad ke-21. Peningkatan ini didorong oleh: naiknya kebutuhan energi listrik, naiknya keinginan untuk menggunakan teknologi yang bersih, terus naiknya harga bahan bakar fossil, naiknya biaya pembangunan saluran transmisi, dan naiknya untuk meningkatkan jaminan pasokan energi. Sebagai contoh, pada tahun 2000 kebutuhan energi listrik dunia akan mencapai 7~8 trilyun KWH dan pada tahun 2020 akan mencapai 14,5 trilyun KWH. Pada dekade ini, bahan bakar fossil dan gas bumi sebagai sumber primer hanya akan mampu menyumbang            5 trilyun KWH saja. Padahal sumber primer jenis ini amat sangat terbatas, dan pada suatu saat kelak benar-benar akan habis (Deni Almanda,2005).

Sangat terbatasnya sumber daya alam sebagai sumber primer (air, bahan bakar fossil, gas alam, panas bumi, dll.) untuk pembangkitan energi listrik telah memacu diversifikasi pemanfaatan sumber primer lainnya, antara lain energi nuklir dan energi matahari. Tenaga nuklir sebagai alternatif diversifikasi sumber energi listrik hingga saat ini masih dibayangi masalah bahaya pencemaran radioaktif dan penanganan limbah yang rumit serta mahal sehingga mengakibatkan sebagian masyarakat tak menghendaki kehadirannya karena tingkat resiko yang relatif sangat tinggi (Deni Almanda,2005).

Walaupun demikian, hingga saat ini energi nuklir sudah menyumbang 1,65 trilyun KWH dan akan mencapai puncaknya pada tahun 2000 (3,5 trilyun KWH). Dengan ditemukannya teknologi pemrosesan ulang limbah nuklir, sumbangan dari sektor nuklir bisa ditingkatkan menjadi maksimum 6 trilyun KWH pada tahun 2010. Karena bahan uranium yang digunakan juga terbatas, maka titik tertinggi ini sulit sekali dilampaui, dan bahkan pada tahun 2020 diperkirakan akan terjadi penurunan (Deni Almanda,2005).

Pembangkit listrik tenaga surya itu konsepnya sederhana. Yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Cahaya matahari merupakan salah satu bentuk energi dari sumber daya alam. Sumber daya alam matahari ini sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi melalui sel surya. Sel surya ini dapat menghasilkan energi listrik dalam jumlah yang tidak terbatas langsung diambil dari matahari, tanpa ada bagian yang berputar dan tidak memerlukan bahan bakar. Sehingga sistem sel surya sering dikatakan bersih dan ramah lingkungan.

Badingkan dengan sebuah generator listrik, ada bagian yang berputar dan memerlukan bahan bakar untuk dapat menghasilkan listrik. Suaranya bising. Selain itu gas buang yang dihasilkan dapat menimbulkan efek gas rumah kaca (green house gas) yang pengaruhnya dapat merusak ekosistem planet bumi kita (Deni Almanda,2005).

Berdasarkan pemaparan diatas, maka kami tertarik untuk mengadakan penelitian sebagai tugas akhir dengan judul: Analisis kinerja sel surya untuk pemompaan.

B. Tujuan Penelitian

1.      Mengetahui daya aki yang digunakan untuk pemompaan.

2.      Mengetahui daya sel surya pada setiap sudut datang matahari.

3.      Menghitung efisiensi sistem.

 

C. Batasan Masalah

Pada perencanaan ini  penulis membatasi permasalahan yaitu sebagai berikut:

1.    Sel surya yang digunakan terdiri dari 3 modul

2.    Sudut kemiringan sel surya (β)= 15o menghadap utara.

3.    Kapasitas aki yang dipakai 12V-80Ah

4.    Tidak dilakukan analisa konstruksi dari perencanaan sel surya.

 

D.      Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

1.      Bagi penulis adalah untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat pada bangku perkuliahan.

2.      Bagi akademik adalah merupakan informasi berguna mengenai pemanfaatan energi sel surya.

3.         Membantu masyarakat khususnya dalam ruang lingkup pemerintah adalah dapat membantu dalam penyediaan sumber energi alternatif.

disusun oleh:

ANDI ADIASFAR LOLO, ST

MECHANICAL ENGINEERING 2005

HASANUDDIN UNIVERSITY

Komentar
  1. andi adiasfar mengatakan:

    hahah3x…..!!!! Thanks dinda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s