Pemodelan Sistem Transportasi Semen Curah PT. Semen Tonasa Unit V dari Plant Site ke Pelabuhan Biringkassi (Studi Kasus PT. Semen Tonasa)

Posted: April 10, 2011 in Uncategorized

I. PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Perkembangan industri di Indonesia, khususnya di kawasan timur Indonesia saat ini semakin pesat, hal ini mendorong timbulnya persaingan antarperusahaan dalam memasarkan hasil produknya. Begitupun halnya bagi industri semen seperti pada PT. Semen Tonasa (Persero).

PT. Semen Tonasa (Persero) merupakan pabrik semen terbesar di kawasan  Indonesia timur. Hingga saat ini PT. Semen Tonasa telah memiliki empat pabrik yang memiliki kapasitas produksi sebesar 3.480.000 ton/tahun.

Seiring meningkatnya pembangunan saat ini, maka permintaan semen pun akan terus meningkat. Oleh karena itu, PT. Semen Tonasa melakukan pengembangan produksi dengan cara membangun Tonasa unit V yang perencanaan kapasitasnya sekitar 2.500.000 ton/tahun.

Beberapa produk yang dihasilkan oleh PT. Semen Tonasa yaitu Semen Portland Tipe I (OPC), Semen Portland Pozzolan (PPC), dan Semen Portland Komposit (PCC). Untuk hasil produksinya, PT. Semen Tonasa mendistribusikan semennya ke  wilayah Sulawesi Selatan berupa semen sak dengan menggunakan truk dan wilayah luar Sulawesi Selatan melalui pelabuhan Biringkassi, semen diangkut ke pelabuhan Biringkassi dalam bentuk curah dengan menggunakan trailer.

Dengan adanya perencanaan Tonasa unit V, maka akan mempengaruhi beberapa sistem distribusi semen, khususnya semen curah. Di antaranya sistem transportasi semen curah dari plant site ke pelabuhan Biringkassi. Untuk menjaga agar sistem transportasi semen curah yang sebelumnya telah ada agar tidak terganggu, maka perlu dilakukan perencanaan yang sistematis, sehingga kami tertarik untuk melakukan penelitian dengan  judul: Pemodelan Sistem Transportasi Semen Curah PT. Semen Tonasa Unit V dari Plant Site ke Pelabuhan Biringkassi (Studi Kasus PT. Semen Tonasa).

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas mendorong penulis membahas bagaimana pemodelan sistem transportasi semen curah PT. Semen Tonasa unit V?

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah:

1.    Membuat pemodelan sistem transportasi semen curah dari plant site ke pelabuhan Biringkassi dengan menggunakan metode simulasi.

2.    Menentukan jumlah trailer yang digunakan pada sistem transportasi semen curah dari plant site ke pelabuhan Biringkassi.

D. Batasan Masalah

Dalam penulisan skripsi ini, kami membatasi masalah pada:

1.    Moda transportasi yang digunakan moda transportasi darat yaitu trailer.

2.    Rute yang digunakan pada perencanaan sama dengan rute transportasi semen curah yang ada sekarang.

3.    Sistem yang ada sekarang sama dengan sistem yang direncanakan untuk Semen Tonasa unit V.

4.    Distribusi yang digunakan adalah distribusi eksponensial yang digambarkan dengan simulasi arena.

5.    Diasumsikan seluruh trailer yang mengangkut semen curah dari pabrik ke pelabuhan Biringkassi tidak mengalami kerusakan dalam perjalanannya dan tidak keluar dari rute, misalnya melakukan pengisian bahan bakar di SPBU dan lain-lain.

6.    Diasumsikan alat transportasi yang akan digunakan pada perencanaan berupa alat angkut darat (trailer) di mana kapasitas trailer 27-30 ton.

7.    Diasumsikan silo pabrik dalam keadaam selalu terisi semen.

8.    Semua hasil produksi dari silo plant site didistribusikan ke silo pelabuhan Biringkassi.

E. Manfaat Penelitian

1.    Bagi penulis, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai  metode antrian dan penggunaan simulasi komputer, khususnya Arena.

2.    Bagi akademik, diharapkan dapat menjadi bahan masukan untuk mengembangkan pengetahuan mengenai metode/teknologi yang aplikatif dalam pemecahan masalah.

3.    Bagi perusahaan

Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat:

a.    Memberikan analisis dan solusi tentang transportasi semen curah dari pabrik ke pelabuhan Biringkassi setelah Tonasa unit V beroperasi.

b.    Menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan saat merencanakan transportasi semen curah.

disusun oleh
DIAN PRATIWI SAHAR  (D 221 06 033)

ANIDYA PRAMITA SARI  (D 221 06 046)

INDUSTRIAL ENGINEERING 2006

HASANUDDIN UNIVERSITY

Komentar
  1. Salim mengatakan:

    Bisa dapatkan makalah finalnya gak untuk Pemodelan Sistem Transportasi Semen Curah PT. Semen Tonasa? Terima kasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s