Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Berdasarkan Waktu Standar dengan Metode Work Sampling (Studi pada Unit Assembling Uwedai di PT. Maruki International Indonesia)

Posted: Desember 30, 2011 in Uncategorized
  1. I.     PENDAHULUAN

 

  1. A.      Latar Belakang

Setiap perusahaan dituntut setiap waktu untuk mampu memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap pelanggannya, baik dari segi waktu pemenuhan yang diminta maupun dari segi kualitas yang sesuai permintaan. Dilain pihak, perusahaan juga dituntut untuk terus meningkatkan produktivitasnya. Jika perusahaan tidak mampu memenuhi permintaan sesuai dengan jumlah yang ditentukan dalam waktu yang tepat, hal ini akan menimbulkan kekecewaan bagi pelanggan dan kerugian bagi perusahaan.

Peningkatan produktivitas dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses produksi. Untuk mendapatkan efektivitas dan efisiensi proses produksi yang baik, diperlukan suatu rancangan sistem kerja yang tepat, dimana dalam sistem kerja tersebut produktivitas dan performansi kerja dapat dicapai melalui pengembangan work design, pengaturan kondisi kerja dan pendayagunaan secara maksimal sumber daya yang ada.

Tenaga kerja merupakan faktor yang paling penting dalam menjamin kelancaran proses produksi. Setiap individu yang bekerja, tidak peduli dimanapun mereka ditempatkan dalam struktur organisasi yang ada, diharuskan untuk doing the right things and working the things right (Wignjosoebroto, 2008). Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja adalah dengan menggunakan metode pengukuran waktu kerja. Metode ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan kerja dari seorang pekerja dengan memperhitungkan faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas dari seorang pekerja, sehingga pekerja dapat bekerja dalam keadaan normal.

Menjadi sangat penting bagi salah satu perusahaan terkemuka di Makassar PT. Maruki International Indonesia dengan Butsudan sebagai produknya  untuk meningkatkan dan mendayagunakan secara optimal sumberdaya yang ada. PT. Maruki International Indonesia memiliki 6 factory (work center) di bagian produksi yang masing- masing mengerjakan tahapan-tahapan produksi yang berbeda. Masing-masing factory memiliki target produksi bulanan yang harus dipenuhi oleh pekerjanya, namun seringkali terjadi di beberapa factory tidak dapat memenuhi target yang ditentukan

Wacana untuk menambah maupun mengurangi jumlah pekerja demi memenuhi target produksi masih menjadi kontradiksi pada PT. Maruki International Indonesia. Oleh karena itu akan dilakukan pengamatan pada factory yang sering tidak memenuhi target produksi guna mengidentifikasi aktivitas pekerja selama proses produksi dan untuk melakukan pengukuran waktu kerja secara objektif yang bertujuan untuk menentukan waktu standar kerja dengan menggunakan metode sampling kerja sehingga diketahui jumlah tenaga kerja optimal yang seharusnya dipekerjakan.

Dalam penelitian ini dipilih factory 6, sebagai factory yang mengerjakan tahapan akhir pembuatan Butsudan, khususnya pada sub unit assembling uwedai  (perakitan bagian atas Butsudan) untuk dilakukan pengukuran waktu kerja guna mendapatkan waktu standar setiap operator.

Berdasarkan uraian di atas, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian sebagai tugas akhir dengan judul : Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Berdasarkan Waktu Standar dengan Metode  Work Sampling.

 

  1. B.       Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah :

  1. Berapa waktu standar yang diperlukan operator dalam melakukan pekerjaan di bagian produksi, khususnya di unit Assembling Uwedai pada factory 6 ?
  2. Berapa jumlah tenaga kerja yang diperlukan?
  3. Berapa besar persentase/ proporsi produktif dan persentase/proporsi idle (waktu kosong atau menganggur) rata-rata operator dalam melakukan pekerjaan?
  4. Apa yang harus dilakukan perusahaan melihat kondisi yang terjadi setelah adanya penelitian serta apa saja yang harus dilakukan perusahaan untuk dapat meningkatkan produktivitas operator ?

 

  1. C.      Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :

  1.  Mengidentifikasi persentase/ proporsi produktif rata-rata dan persentase/ proporsi idle (waktu kosong) setiap operator  pada proses perakitan Uwedai dengan metode work sampling.
  2. Menentukan waktu standar setiap operator pada proses perakitan uwedai.
  3. Mengoptimalkan kebutuhan tenaga kerja yang seharusnya dipekerjakan berdasarkan waktu standar dengan metode work sampling.

 

  1. D.      Batasan Masalah

Adapun batasan masalah dalam Tugas Akhir ini adalah sebagai

Berikut :

  1. Pengukuran dilakukan terhadap tenaga kerja yang berada di unit assembling uwedai pada  factory 6 mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WITA.
  2. Tenaga kerja yang diamati adalah tenaga kerja dengan tingkat kemampuan dan keterampilan rata- rata dalam menyelesaikan pekerjaannya.
  3. Kondisi dan cara kerja dari pekerjaan yang diukur sudah baik atau sudah memenuhi prosedur standar perusahaan.
  4. Pengolahan data dilakukan untuk menentukan waktu standar tenaga kerja dalam menyelesaikan pekerjaannya, sehingga dapat diketahui jumlah tenaga kerja yang seharusnya dipekerjakan.
  5. Data yang digunakan sebagai sampel penelitian diambil pada Mei – Juli 2011.

 

  1. E.     Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Bagi Penulis :
  2. Dengan melakukan penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan penulis, tidak hanya sebatas toritis semata.
  3. Digunakan untuk membandingkan teori yang diperoleh selama di bangku kuliah dengan kenyataan yang ada di perusahaan, agar dapat diaplikasikan untuk membantu mencari pemecahan permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan.
    1. Bagi Akademik :
  4. Sebagai bahan masukan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia untuk bidang ilmu keteknikan.
  5. Sebagai media informasi ilmiah bagi peneliti selanjutnya.
  6. Sebagai referensi tertulis mengenai pengukuran waktu kerja.
    1. Bagi Perusahaan :
  7. Sebagai bahan masukan bagi perusahaan yang terkait dalam rangka peningkatan produktivitas tenaga kerja.
  8. Data waktu baku yang didapatkan pada penelitian ini dapat dijadikan acuan yang objektif bagi perusahaan untuk melakukan pengukuran prestasi kerja maupun sistem penggajian.

disusun oleh:

Sabrina A. Lasama (D22107048)

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

JURUSAN MESIN FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS HASANUDDIN

MAKASSAR

2011

Komentar
  1. Sari Hapsari mengatakan:

    bisa minta copian yang lengkapnya gak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s